PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA DI SD KRISTEN 1 PAREPARE
MELANI UTARI PUTRI
17091102002
SASTRA INGGRIS
Maya P. Warouw,S.S., M.Hum., M.Ed., Ph.D
Dr. Garryn Ch. Ranuntu, S.Pd., M.Hum
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA DI SD KRISTEN 1 PAREPARE
ABSTRACT
This research was conducted to teach new English vocabulary to grade 4 students at SD Kristen 1 Parepare using picture. This study aims to research dijectives method and see its effectiveness in teaching new vocabulary. The research method used in this study is the pre-experimental method. Pre-test and post-test were used in collecting data. Then analyzed using simple statistical calculations. In this study, researcher used image media. The test results showed that students gave a positive response to the use of the Pre-experimental method. The results shown by students before being given the Pre-experimental method treatment showed a significant difference where at the pre-test students obtained an average score of 64, while the tests carried out after being given the treatment or post-test increased by 42% with an average score average 90. These results show an increase which concludes that the pre-experimental method is effective in learning new English vocabulary.
Keywords: Pre-experimental, Vocabulary, Picture, Elementary School
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengajarkan kosa kata bahasa Inggris baru kepada siswa kelas 4 SD Kristen 1 Parepare dengan menggunakan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti metode dijektif dan melihat efektivitasnya dalam pengajaran kosakata baru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimental. Pre-test dan post-test digunakan dalam pengumpulan data. Kemudian dianalisis menggunakan perhitungan statistik sederhana. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media gambar. Hasil pengujian menunjukkan bahwa siswa
memberikan respon positif terhadap penggunaan metode pra-eksperimental. Hasil yang ditunjukkan siswa sebelum diberikan perlakuan metode Praeksperimental menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dimana pada prates siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 64, sedangkan tes yang
dilakukan setelah diberikan perlakuan atau postes meningkat sebesar 42%. dengan rata-rata skor rata-rata 90. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan yang menyimpulkan bahwa metode pra-eksperimental efektif dalam mempelajari kosakata baru bahasa Inggris.
Kata kunci: pra-experimental, kosa kata, gambar, Sekolah Dasar”