PERSPEKTIF SISWA DALAM PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SELAMA COVID-19 DI SMP SATAP NEGERI 1 PARIGI SELATAN

TIRSA IVANA FREINSISKA
17091102132

ASTRA INGGRIS
Maya P. Warouw. S.S., M.HUM., MEd., Ph.D
Dr. Garryn Ch. Ranuntu, S. Pd., M.Hum

PERSPEKTIF SISWA DALAM PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SELAMA COVID-19 DI SMP SATAP NEGERI 1 PARIGI SELATAN

“Language is a method used by everyone to communicate ideas, feelings, and desires through a sound system. Especially English which has become an international language, for this reason researc conducted research with the title “”student perspectives on the use of TikTok as a medium for learning English during covid-19 at SMP Satap Negeri 1 Parigi Selatan”” in Gangga Village. This research was conducted to analyze studens perspectives towards learning English using TikTok media. The total number of students, are 21 students (class VII totaling 6 people and class VIII 15 students). This research uses qualitative methods. The results obtained from this study show that the implementation of TikTok as a learning medium in English has been successful because by learning to use TikTok students become more active while studying in class and make them enthusiastic about learning. As well as the students’ views on learning English are positive, both in understanding the material, learning vocabulary, constraints, and interest in learning English using TikTok after students followed the learning process provided by the researcher.
Keywords: Qualitative, TikTok, Junior high school, Language

Bahasa merupakan suatu metode yang digunakan oleh setiap orang untuk mengkomunikasikan ide, perasaan, dan keinginannya melalui suatu sistem suara. Khususnya bahasa Inggris yang sudah menjadi bahasa internasional, untuk itu dilakukan penelitian dengan judul “Perspektif Siswa Terhadap Penggunaan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Saat Covid-19 di SMP Satap Negeri 1 Parigi Selatan” di Desa Gangga.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perspektif siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris menggunakan media TikTok. Jumlah siswa seluruhnya adalah 21 siswa (kelas VII berjumlah 6 orang dan kelas VIII 15 siswa). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Inggris telah berhasil karena dengan pembelajaran menggunakan TikTok siswa menjadi lebih aktif saat belajar di kelas dan membuat mereka bersemangat dalam belajar serta pandangan siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris adalah positif, baik dalam pemahaman materi,pembelajaran kosakata, kendala, dan ketertarikan belajar bahasa Inggris menggunakan TikTok setelah siswa mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh peneliti.
Kata kunci: Kualitatif, TikTok, Smp, Bahasa

unduh/download