1. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

Panduan:

Capaian Pembelajaran (CP) mengacu kepada jenjang kualifikasi KKNI, terutama yang berkaitan dengan unsur keterampilan khusus (kemampuan kerja) dan penguasaan pengetahuan, sedangkan yang mencakup sikap dan keterampilan umum dapat mengacu kepada rumusan yang telah ditetapkan dalam SN Dikti sebagai standar minimal, yang memungkinkan ditambah sendiri untuk memberi ciri lulusan FIB Unsrat.

CP dirumuskan dari: Asosiasi profesi, Perhimpunan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI), Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI), Kolokium keilmuan, Badan akreditasi, workshop pemutakhiran kurikulum dan lainnya.

 

Tabel: Capaian Pembelajaran Program Studi/Jurusan Ilmu Sejarah

Unsur Capaian Pembelajaran
SIKAP :
1.     bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.

2.     menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

3.     berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.     berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.     menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.     bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.     taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;

8.     menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.     menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

10.  menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

 
WAJIB PERGURUAN TINGGI
11.  Mampu mengejawantahkan filosofi Si Tou Timou Tumou Tou yang artinya manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari.

 

WAJIB PRODI/JURUSAN
12.  Menghargai nilai-nilai sejarah dan budaya yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat pada umumnya.
PENCIRI REVOLUSI INDUSTRI 4.0
 
13.  Menginternalisasi prinsip-prinsip belajar sepanjang hayat, literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, dan mampu memahami tanda-tanda revolusi industri 4.0

PENGETAHUAN
RUMUSAN PERHIMPUNAN PRODI SEJARAH SE-INDONESIA (PPSI)

1. Menguasai konsep-konsep Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial

1.   Menguasai konsep-konsep dasar ilmu sejarah

2.   Menguasai konsep-konsep dasar metode dan teknik penelitian sejarah

3.   Menguasai konsep-konsep dasar teori dan metodologi sejarah

4.   Menguasai konsep-konsep dasar historiografi dan bibliografi

5.   Menguasai konsep-konsep dasar pembuatan proposal penelitian dan karya ilmiah sejarah

6.   Menguasai konsep-konsep dasar ilmu-ilmu bantu sejarah; ilmu-ilmu social humaniora (Sosiologi, Antropologi, dan arkeologi)

2. Menguasai konsep Sejarah Indonesia dari zaman Pra-Sejarah Sampai Sejarah Indonesia Kontemporer.

1. Menguasai konsep-konsep sejarah Indonesia

2. Menguasai konsep Pra-Sejarah Indonesia sampai masa pengaruh Hindu-Budha

3. Menguasai konsep sejarah Indonesia sejak kedatangan Islam sampai pengaruh kolonialisme Barat

4. Menguasai konsep Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia, 1908 – 1942

5. Menguasai konsep Sejarah Perjuangan Kemedekaan Indonesia tahun 1942 – 1949

6. Menguasai Konsep Sejarah Diplomasi dan Konstitusi RI Tahun 1945 – 1949

7. Menguasai konsep  sejarah RIS sampai Orde Baru 1950 – 1966

8. Menguasai konsep-konsep sejarah politik Indonesia

9. Menguasai konsep Sejarah Indonesia Kontemporer

 

 

3. Menguasai Konsep, Prinsip-prinsip dan aplikasi pengetahuan sejarah kawasan diberbagai wilayah dunia.

1.     Menguasai konsep sejarah terbentuk dan berkembangnya negara-negara yang  berpengaruh di Asia pada jamannya termasuk periode yang mengantar menuju kemerdekaannya di paruh kedua abad ke-20 serta membahas berbagai aspek dan dinamika yang meliputi proses perkembangannya.

2.     Menguasai konsep dasar perkembangan sejarah Barat, menyangkut perkembangan peradabannya dan pengaruh-pengaruh serta perubahan yang terjadi di wilayah Eropa; pengaruh-pengaruh kekuatan besar dalam hal perkembangan dan pengaruhnya bagi kawasan sekitar bahkan dunia global.

3.     Menguasai konsep dasar mengenai perkembangan sejarah dunia dari masa kuno sampai masa modern; mencakup perkembangan peradaban manusia, dinamika perkembangan Iptek dan dampaknya, termasuk masa Perang Dunia I, II dan Perang Dingin, pasca Perang Dingin serta memiliki wawasan yang luas megenai perkembangan dan dinamika jalannya sejarah dunia.

4.     Menguasai konsep dasar sejarah kawasan Asia Tenggara, mengetahui bagaimana proses lahirnya negara bangsa serta perkembangannya negara-negara modern Asia tenggara sejak awal abad ke-20; ciri masyarakat serta kedatangan bangsa Eropa, masa imperialisme, kolonialisme dan dampaknya terhadap Asia Tenggara; Perkembangan gerakan nasionalisme, pembentukan negara bangsa, dan dinamika social, politik sejak masa kemerdekaan hingga masa kontemporer.

5.     Menguasai konsep-konsep dasar dan memahami tentang budaya-b udaya yang berkembang dikawasan lautan pasifik, penemuan wilayah, dan masyarakat pasifik, penguasaan daerah pasifik dan persaingan perebutan wilayah pasifik serta perubahan-perubahan yang terjadi dikawasan ini.

 

4. Menguasai Konsep-Konsep Dasar bahasa Sumber yang digunakan dalam Penelitian Sejarah
1.        Menguasai konsep-konsep dasar bahasa sumber 1

2.        Menguasai konsep-konsep dasar bahasa sumber II (Tingkat lanjut)

3.        Menguasai konsep-konsep dasar bahasa sumber III (Terjemahan)

2.     Menguasai prinsip dasar penerapan teori dan metodologi sejarah

 

3.     Menguasai prinsip dan konsep praktik penelitian sejarah
4.     Menguasai konsep-konsep dasar filsafat sejarah dan berbagai pemikiran dan aliran dalam filsafat
5.     Menguasai penentuan topik dan tema dalam penyusunan proposal penelitian sejarah
 
PENCIRI PRODI:
7. Menguasai konsep dasar dan penerapan sejarah lokal dan Wilayah Timur Indonesia
1.     Menguasai konsep dasar sejarah lokal Sulawesi Utara
2.     Menguasai konsep dasar Sejarah Maluku
3.     Menguasai konsep dasar sejarah kawasan Timur Indonesia
WAJIB NASIONAL
8. Menguasai konsep-konsep dasar keagamaan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan agama yang dianut oleh masing-masing serta mampu mengembangkan sikap toleransi.
6.     Menguasai konsep rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan dan jiwa kejuangan yang tinggi sebagai upaya turut serta dalam pembelaan negara melalui pembangunan ketahanan nasional dan mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam rangka mengawal kelangsungan hidup NKRI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

 

7.     Menguasai konsep dasar dan menerapkan asas-asas rasa kebangsaan dan cinta tanah air; demokratis yang berkeadaban; menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila

 

8.     Menguasai dan mampu menggunakan keterampilan berbahasa Indonesia terutama dalam bidang akademik, seperti penulisan ilmiah dan presentasi ilmiah
WAJIB PERGURUAN TINGGI
9.     Menguasai pengetahuan geoposisi dan geopolitik serta potensi keunggulan kompetitif Sulawesi Utara di Kawasan Pasifik, dan Pemanfaatannya serta pengembangannya di era revolusi industri 4.0
10.  Mengembangkan jiwa kewirausahaan serta menguasai dan mampu menyusun gagasan kreatif, inovatif, dan bermanfaat untuk mengembangkan kewirausahaan sesuai dengan kompetensi ilmunya di era revolusi industri 4.0
11.  Mampu mengenali struktur kalimat yang baik dan menguasai strategi menyimak, membaca, dan berbicata sesuai kompetensi yang disyaratkan dalam ujian kemahiran Bahasa Inggris berstandar internasional (Persiapan untuk TOEFL)
12.  Menguasai dan mampu memperdalam pengertian dan penghayatan tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner dan lintas sektoral, pengembangan secara utuh khususnya daerah pedesaan; mendewasakan cara berfikir untuk melaksanakan penelaahan dan pemecahan masalah yang ada di dalam masyarakat secara pragmatis ilmiah.
 
           WAJIB FAKULTAS
13.  Menguasai konsep dasar-dasar, kebudayaan yang berkaitan dengan bidang keilmuan
1.        Menguasai konsep kebudayaan Indonesia
2.        Menguasai konsep dasar manusia dan hubungan antar kelompok keberagaman suku dan etnik di Indonesia
3.        Menguasai konsep dasar teori-teori kebudayaan dan metode penelitian kebudayaan
4.        Menguasai konsep dasar-dasar filsafat dan aliran-aliran dalam pemikiran Barat
5.        Mengaplikasikan konsep dan teori sejarah di lokasi magang (Instansi Pemerintah, Swasta,  dan lainnya).
6.        Menguasai teknik penulisan skripsi