Dampak Penggunaan Online Game Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Dari Persepsi Mahasiswa)

Pascal Rowen Rompas
16091102194

SASTRA INGGRIS
Prof. Golda J. Tulung, SS, MA, Ph.D
Dr. Garryn Ch. Ranuntu, M.Hum

Dampak Penggunaan Online Game Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Dari Persepsi Mahasiswa)

“This research is entitled “The Impact of Using Online Games in Learning English (From Student Perception)”. The objectives of this research are to identify the impacts from the use of Online Game for English language learning based on theory of Cohen and Chamot (2011) and to analyze how Online Game impacts the learning strategies used by students to learn English. In conducting this research, researcher used qualitative research method with open ended interview to identify and analyze the university students’ perception on the influence of Online Game use in learning English. The researcher collected data at Sam Ratulangi University, specially at the English Department in Faculty of Humanities. The result showed that Online Game can improve student skills and can be used as media to learn English. There are four skills that can beimproved by learning through Online Game according to students’ perception, such as reading, speaking, listening and writing. Therefore, it can be concluded that students who study English can use online games as their strategy to learn English. This research support Cohen and Chamot (2011) theories about the learning strategies of using Online Game in learning English.

Penelitian ini berjudul “Dampak Penggunaan Online Game dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Dari Persepsi Siswa)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak penggunaan Game Online untuk pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan teori Cohen dan Chamot (2011) dan untuk menganalisis bagaimana Game Online berdampak pada strategi pembelajaran yang digunakan siswa untuk belajar bahasa Inggris. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara terbuka untuk mengidentifikasi dan menganalisis
persepsi mahasiswa tentang pengaruh penggunaan Game Online dalam pembelajaran bahasa Inggris. Peneliti mengumpulkan data di Universitas Sam Ratulangi, khususnya di Jurusan Sastra Inggris di Fakultas Ilmu Budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game Online dapat meningkatkan keterampilan siswa dan dapat digunakan sebagai media belajar bahasa Inggris. Terdapat empat keterampilan yang dapat ditingkatkan dengan pembelajaran melalui Game Online menurut persepsi siswa, yaitu membaca, berbicara, mendengarkan dan menulis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar bahasa Inggris dapat menggunakan game online sebagai strategi mereka untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian ini mendukung teori Cohen dan Chamot (2011) tentang strategi pembelajaran menggunakan Game Online dalam pembelajaran bahasa Inggris.”

unduh/download