Analisis kesalahan dalam penggunaan past tense oleh siswa SMA Anthonius Manado

Tito yanengga
17091102161

SASTRA INGGRIS
Maya Pinkan warouw,s.s,M.Hum.,M.Ed.,ph.D
F. Ari Anggraini Sebayang,s.pd.,M.A

Analisis kesalahan dalam penggunaan past tense oleh siswa SMA Anthonius Manado

“ABSTRACT
This research entitled “Error Analysis in The Use of Past Tense By Students At SMA Antonius Manado” is an attempt to identify, classify and analyze the kinds of error was the used by analyzing students their assignments on past tense. The method of this research was descriptive. Ellis’s theory was used to explain the errors made by the students of SMA Antonius the theory of Thomson and Martinet (1986) was also used as the basis for past tense.The of this research was located at SMA Antonius Manado.The research subjects were grade 10 students of Department of Social Sciences. Data were taken from 45 students by giving assignment. After the task was given the results of the task in the form of past tense questions checked directly by writer to find out the types of mistakes in form of omission,misinformation,and misordering. made by
students in using past tense. The task was given 4 times. Was found that the students in the study produced errors in omission,misinformation and misodering. in addition to this the students tended to produce addition leading study in past tense contruction.

Keywords: error analysis, past tense, omission, misinformation, misordering

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Analisis Kesalahan Penggunaan Past Tense Oleh Siswa SMA Antonius Manado” merupakan upaya untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan dan menganalisis jenis-jenis kesalahan yang digunakan oleh siswa tugas mereka pada analisis past tense. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Teori Ellis digunakan untuk menjelaskan kesalahan yang dilakukan siswa SMA Antonius teori Thomson dan Martinet (1986) juga digunakan sebagai dasar past tense. Ini Penelitian berlokasi di SMA Antonius Manado. Subjek penelitian adalah siswa kelas 10 Departemen Ilmu Sosial. Data diambil dari 45 siswa dengan memberikan tugas. Setelah tugas diberikan hasil tugas berupa soal past tense yang diperiksa langsung oleh penulis untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan berupa omission, misinformasi, dan misordering. dibuat oleh siswa dalam menggunakan past tense. Tugas diberikan sebanyak 4 kali. Ditemukan bahwa siswa dalam penelitian menghasilkan kesalahan dalam kelalaian, misinformasi, dan misodering. selain itu para siswa cenderung menghasilkan studi tambahan tambahan dalam konstruksi bentuk lampau.

Kata Kunci: analisis kesalahan, past tense, kelalaian, misinformasi, misordering”

 

unduh/download