Slang Bahasa Inggris yang Digunakan oleh Stan Twitter dalam Media Sosial Twitter
Mariah Dea Paendong
18091102033
SASTRA INGGRIS
Dr. Jultje A. J. Rattu, S.S., M.Mktg
Dr. Garryn Ch. Ranuntu, M.Hum
Slang Bahasa Inggris yang Digunakan oleh Stan Twitter dalam Media Sosial Twitter
ASBTRACT
This research entitled, “English Slangs Used by Stan Twitter in Twitter” is intended as a requirement to accomplish the bachelor’s degree at Faculty of Humanities, Sam Ratulangi University Manado. This is a sociolinguistics study of slang that focuses on investigating the types, classifications, and functions of slang in social media, particularly in Stan Twitter community. This is a synchronic linguistics study therefore the data were taken from the tweets of the Stan Twitter (#stantwt) accounts in 2021. This research applied descriptive qualitative method. In identifying and classifying the slang used by Stan Twitter, the writer employed the theory of slang types and classifications proposed by Allan and Burridge (2006), and Chapman (1986) respectively. Furthermore, the functions of slang were analyzed through Allan and Burridge’s (2006) theory. The research finding shows that from twenty-five slang expressions that had been analyzed, there are five types of slang were found. Those five types are fresh and creative, flippant, imitative, acronym, and clipping with two classifications, namely primary slang and secondary slang. As for the function, there are five out of seven functions were found. They are to address, to humiliate, to initiate relax conversation, to form intimate atmosphere, and to express impression.
Keywords: Slang, Sociolinguistics, Social Media, Stan Twitter
ABSTRAK
Penelitian berjudul “Slang Bahasa Inggris yang Digunakan Stan Twitter dalam Media Sosial Twitter” ini dimaksudkan sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Sastra di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sam Ratulangi Manado. Penelitian ini merupakan kajian sosiolinguistik terkait slang yang berfokus pada analisis jenis, klasifikasi, dan fungsi slang di media sosial, khususnya pada komunitas Stan Twitter. Penelitian ini merupakan studi linguistik sinkronis, oleh karena itu data diambil dari tweet (unggahan) akun Stan Twitter (#stantwt) pada tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam mengidentifikasi dan mengklasifikasikan slang yang digunakan oleh Stan Twitter, penulis menggunakan teori tipe dan klasifikasi slang yang dikemukakan oleh Allan dan Burridge (2006), dan Chapman (1986). Selanjutnya, fungsi slang dianalisis menggunakan teori milik Allan dan Burridge (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dua puluh lima data slang yang telah dianalisis, ditemukan lima jenis slang. Kelima jenis tersebut, yaitu fresh and creative, flippant, imitative, acronym, dan clipping dengan dua klasifikasi, yaitu primary slang dan secondary slang. Untuk fungsi slang, berdasarkan hasil analisis hanya ditemukan lima dari tujuh fungsi slang. Kelima fungsi tersebut, yaitu untuk menyapa, untuk menghina, untuk memulai percakapan yang santai, untuk membentuk suasana akrab, dan untuk mengungkapkan kesan.”