header faked

 
Beranda   Tentang Kami   Akademik   Jurusan   Mahasiswa   Fasilitas
Home Anda berada disini: Home Tentang Kami Sejarah
SEJARAH PDF Cetak Email

SEJARAH FAKULTAS ILMU BUDAYA

UNIVERSITAS SAM RATULANGI:

DARI FAKULTAS SASTRA KE FAKULTAS ILMU BUDAYA

 

Cikal bakal Universitas Sam Ratulangi sekarang ialah Universitas Pinaesaan, di dirikan pada tanggal 1 Oktober 1954. Krisis politik yang berakhir dengan pergolakan Permesta telah mengubah nama Universitas menjadi Perguruan Tinggi Manado (PTM) dan berubah lagi menjadi Universitas Sulawesi Utara-Tengah (Unisut seiring keluarnya Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor: 22/1961 Tanggal 4 Juli 1961). Dengan diselingi perubahan nama dari akronim Unisut menjadi Unisulutteng, pada Tahun 1965 Unisulutteng berubah lagi menjadi Universitas Sam Ratulangi - nama yang di ambil dari Pahlawan Sam Ratulangi, disingkat UNSRAT. Dasar pendiriannya yang juga telah mengubah statusnya menjadi negeri ialah Surat Keputusan Presiden RI Nomor: 227 Tanggal 14 September 1965, antara lain juga menetapkan 7 Fakultas di bawah naungannya yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial Politik dan Fakultas Teknik.

Fakultas Sastra sebelumnya merupakan Fakultas otonom yang digabungkan ke Unsrat terhitung mundur pada tanggal 1 Februari 1965. Dengan demikian, merupakan tanggal bulan lahirnya Fakultas Sastra. Itu sebabnya pada momen ini setiap tahun Fakultas Sastra memperingati Dies Natalis-nya.

Selanjutnya, sejak di tetapkan OTK (Organisasi dan Tata Kerja) Universitas Sam Ratulangi pada tanggal 16 April 2013, Fakultas Sastra berubah nama menjadi Fakultas Ilmu Budaya berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 49/Tahun 2013. 

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 11 Oktober 2016 07:03