header faked

 
Beranda   About Us   Academic   Departement   Students   Facilities
Home You are here: Home Fatek News
Welcome to Faculty of Engineering Website PDF Print E-mail
Monday, 25 May 2015 00:00

as its investment in us all in the process of revision to the publication of Handbook of Higher Technical Education in the Faculty of Engineering, University of Sam Ratulangi edition in 2012.

This Handbook aims to provide updated information on the vision, mission, curriculum, regulations and services to students in the Faculty of Engineering, University of Sam Ratulangi. This book is expected to be optimally utilized by the entire academic Faculty of Engineering, Universitas Sam Ratulangi.

On this occasion, conveyed his gratitude and appreciation to the team of authors and contributors to the suggestions as well as other parties who have an active role in the revision process, the preparation and publication of this guide.

May the Lord will help us all in an effort to implement the material contained in this guide in the process of education and teaching in the Faculty of Engineering, University of Sam Ratulangi that we love and are proud of.

Viva Faculty of Engineering Unsrat.

Dean,

Prof.Dr.Ir. Jeffrey Kindangen, DEA
NIP. 196506031990031003

 
KURIKULUM PDF Print E-mail

KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)


Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 08 Tahun 22012, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka perjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Kurikulum FIB Unsrat mulai Tahun Akademik 2013/2014 dirancang sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan dalam KKNI. Level KKNI pada jenjang Sarjana adalah Level, sedangkan jenjang Magister adalah Level 8 dan Level KKNI pada jenjang Doktor adalah Level 9.


Deskripsi Umum

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya bangsa Indonesia, implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi mencakup proses yang menumbuhkembangkan afeksi sebagai berikut:

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya.

Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta Tanah Air serta mendukung perdamaian dunia.

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.


KKNI JENJANG SARJANA (LEVEL 6)

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  2. Mampu mengaplikasikan keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

PROFIL KOMPETENSI FIB UNSRAT SESUAI DENGAN KKNI
Menghasilkan Sarjana bidang Ilmu Budaya yang mampu.

  1. Menjelaskan konsep teoritis bidang ilmu budaya secara umum dan konsep teoritis khusus dalam bidang budaya sesuai dengan bidang studi yang dipelajarinya secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam mengkaji gejala budaya;
  2. Mengaplikasikan dan memanfaatkan bidang keahlian ilmu budaya dalam penyelesaian permasalahan budaya serta mampu  beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi;
  3. Mengambik keputusan yang tepat dalam mengkaji gejala budaya berdasarkan analisis informasi dan data baik secara mandiri maupun kelompok, serta mampu menyampaikan keputusan dan dasar pengambilan keputusan itu di antara berbagai alternatif solusi baik secara lisan maupun tulisan;
  4. Bertanggung jawab terhadap pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 Next > End >>

Page 1 of 6