header faked

 
Beranda   About Us   Academic   Departement   Students   Facilities
Home You are here: Home Academic Academic Rules
PERATURAN AKADEMIK PDF Print E-mail

TUJUAN PENDIDIKAN

Pendidikan bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan dan atau, memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian, serta mengembangkan dan menyebarluaskan, mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

 

REGISTRASI

Terdapat dua jenis registrasi yang harus dijalani oleh mahasiswa, yaitu Registrasi Administratif dan Registrasi Akademik.

 

Registrasi Administratif

  1. Registrasi administratif adalah kegiatan berupa pembayaran biaya studi guna memperoleh status mahasiswa aktif di Program Studi yang dipilih untuk satu semester yang akan berjalan.
  2. Registrasi administratif mahasiswa baru dan mahasiswa lama dijadwalkan sesuai kalender akademik tahun yang bersangkutan.
  3. Mahasiswa melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui Bank yang ditunjuk Unsrat.
  4. Apabila tidak melaksanakan registrasi administratif, mahasiswa tidak akan terdaftar sebagai peserta didik pada semester berjalan dan masa studi tetap diperhitungkan (status mahasiswa adalah "kosong"). Mahasiswa berstatus kosong tidak berhak memperoleh pelayanan akademik apapun (mengikuti kuliah, memperoleh nilai dan pelayanan akademik lainnya).
  5. Mahasiswa yang tidak melaksanakan registrasi administratif tidak diperkenankan melaksanakan registrasi akademik.
  6. Keterlambatan melakukan registrasi administratif berakibat pada pengenaan denda yang ditetapkan oleh Universitas dan yang tertera pada SIA.

Registrasi Akademik

  1. Registrasi akademik adalah kegiatan administratif guna memperoleh hak mengikuti perkuliahan pada Fakultas/Jurusan/Program Studi yang dipilih untuk semester yang akan berjalan dan diawali dengan pembimbingan oleh Pembimbing Akademik (PA); pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) pada SIA; dan persetujuan Pembimbing Akademik (PA)
  2. Mahasiswa yang telah melaksanakan registrafi administratif wajib melakukan registrasi akademik di FIB Unsrat.
  3. Registrasi akademik semeser gagal maupun semester genap tahun bersangkutan ditetapkan oleh Universitas.
  4. Apabila tidak melaksanakan registrasi, mahasiswa tidak dapat mengikuti kegiatan akademik pada semester berjalan dan masa studi tetap diperhitungkan.
  5. Penetapan KRS pada SIA dilakukan oleh Pembing Akademik (PA).
  6. Keterlambatan melakukan registrasi akademik berakibat pada KRS yang tidak dapat disetujui oleh Pembimbing Akademik (PA) dan hanya dapat disetujui oleh Wakil Dekan dengan Bidang Akadmeik Kerjasama.

BEBAN STUDI
  1. Beban studi program Sarjana (S1) sekurang-kurangnya 144 SKS dan sebanyak-banyaknya 160 SKS, beban studi untuk mahasiswa Sarjana Humaniora minimal 144 SKS (termasuk KKN, Seminar dan Skripsi) dan maksimal 160 SKS.
  2. Penentuan beban studi mahasiswa dalam setiap semester didasarkan pada kemampuan individual. Jumlah SKS yang dapat diprogramkan oleh mahasiswa tergantung pada Indeks Prestasi (IP) yang diperoleh pada semester sebelumnya.

MASA STUDI
Masa studi Program Sarjana di rancang untuk 8 semester dan dapat diperoleh minimal 7 semester dan maksimal 14 semester.

ISIAN DATA MAHASISWA PADA SIA (SIM)
Setiap mahasiswa wajib mengisi data mahasiswa secara lengkap pada isian data mahasiswa dalam SIA. Data yang diisikan digunakan sebagai (1) data dalam pembuatan ijazah - kesalahan pengisian data akan berakibat pada kesalahan data pada ijazah; (2) sarana bantu untuk secara cepat memperoleh informasi tentang alamat tinggal mahasiswa dan orang tua/wali mahasiswa, serta nomor-nomor kontak yang dapat dihubungi apabila mahasiswa mengalami masalah. Karena tujuan penting pengisian data tersebut, isian data mahasiswa wajib diisi dengan benar. Apabila terjadi perubahan identitas, alamat, nomor-nomor kontak dan lain-lain, data wajib diperbaharui.


SISTEM KREDIT SEMESTER
Sistem Kredit Semester adalah sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan, Satuan Kredit Semester (SKS) untuk menyatakan beban studi peserta didik, beban kerja dosen, pengalaman belajar dan penyelenggaraan program.

SKS adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik selama satu semester melaluui kegiatan terjadwal per minggu sebanyak 1 jam perkuliahan atau 2 jam praktikum, atau 4 jam kerja lapangan yang masing-masing diiringi oleh 1-2 jam kegiatan terstruktur dan 1-2 jam kegiatan mandiri.

Beban studi pada kurikulum sarjana adalah 144 SKS dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,00.

EVALUASI DAN PENILAIAN HASIL BELAJAR
  1. Evaluasi hasil belajar setiap mata kuliah dilaksanakan berdasarkan prinsip kesesuaian, akuntabilitas, transparansi, kejujuran dan keadilan.
  2. Evaluasi dilakukan oleh pengajar secara berkala dan dapat berbentuk ujian, tugas atau pengamatan.
  3. Ujian dapat diselenggarakan melalui ujian tengah semester, ujian akhir semester dan ujian Skripsi.
  4. Penilaian hasil belajar dinyatakan dengan markah dan bobot.
  5. Markah T (tidak ada nilai) berarti tunda karena nilai tidak lengkap. Markah T dapat berubah atas izin pengajar, apabila mahasiswa memasukkan tugas pada waktu yang ditentukan. Apabila tidak diselesaikan pada waktu selambat-lambatnya dalam 2 minggu, maka Markah T akan berubah menjadi E (tidak lulus).
  6. Pemberian Nilai Akhir setiap mata kuliah dihitung dari 3 komponen.
  7. Penilaian ujian Seminar Proposal dan Skripsi, meliputi:
  8. Nilai minimal untuk lulus sebagai berikut :
  9. Apabila dosen atau tim dosen tidak memasukkan nilai akhir sesuai jadwal, semua peserta mata kuliah akan memperoleh nilai B.
  10. Tidak diperkenankan diadakan perbaikan nilai setelah nilai diumumkan pada SIA tanpa izin pimpinan Fakultas.
  11. Mahasiswa berhak memperoleh informasi yang lengkap mengenai nilai, baik nilai angka maupun konversinya (markah).

Last Updated on Tuesday, 18 October 2016 07:58