header faked

 
Beranda   Tentang Kami   Akademik   Program Studi   Mahasiswa   Fasilitas
Home Anda berada disini: Home Berita Fakultas
SELAMAT DATANG DI FAKULTAS ILMU BUDAYA PDF Cetak Email
Senin, 25 May 2015 00:00

Viva FIB!

Sepatutnyalah kita memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha-Esa, karena Fakultas Ilmu Budaya (FIB) beroleh kesempatan memiliki situs website sendiri melalui UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kami menyambut gembira usaha Ibu Rektor, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., D.E.A. untuk menghadirkan website di setiap Fakultas. Dengan pendayagunaan Teknologi Informasi khususnya melalui pembuatan website maka Informasi dan Komunikasi dapat dilakukan dengan cepat, efisien, dan akurat.

Bagi Fakultas Ilmu Budaya, dengan hadirnya website sangat terasa manfaatnya karena dapat memperkenalkan dan menginformasikan program-program kegiatan fakultas berupa proses belajar mengajar dan kegiatan lainnya kepada masyarakat luas. Selain itu, website ini dapat menjadi wadah promosi bagi Fakultas Ilmu Budaya ke depan.


Manado, 27 Maret 2018
Dekan,


Drs. Ferry Raymond Mawikere, M.Hum., M.A.

 
KURIKULUM PDF Cetak Email

KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)


Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 08 Tahun 22012, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka perjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Kurikulum FIB Unsrat mulai Tahun Akademik 2013/2014 dirancang sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan dalam KKNI. Level KKNI pada jenjang Sarjana adalah Level, sedangkan jenjang Magister adalah Level 8 dan Level KKNI pada jenjang Doktor adalah Level 9.


Deskripsi Umum

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya bangsa Indonesia, implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi mencakup proses yang menumbuhkembangkan afeksi sebagai berikut:

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya.

Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta Tanah Air serta mendukung perdamaian dunia.

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.


KKNI JENJANG SARJANA (LEVEL 6)

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  2. Mampu mengaplikasikan keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

PROFIL KOMPETENSI FIB UNSRAT SESUAI DENGAN KKNI
Menghasilkan Sarjana bidang Ilmu Budaya yang mampu.

  1. Menjelaskan konsep teoritis bidang ilmu budaya secara umum dan konsep teoritis khusus dalam bidang budaya sesuai dengan bidang studi yang dipelajarinya secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam mengkaji gejala budaya;
  2. Mengaplikasikan dan memanfaatkan bidang keahlian ilmu budaya dalam penyelesaian permasalahan budaya serta mampu  beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi;
  3. Mengambik keputusan yang tepat dalam mengkaji gejala budaya berdasarkan analisis informasi dan data baik secara mandiri maupun kelompok, serta mampu menyampaikan keputusan dan dasar pengambilan keputusan itu di antara berbagai alternatif solusi baik secara lisan maupun tulisan;
  4. Bertanggung jawab terhadap pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 Selanjutnya > Akhir >>

Halaman 1 dari 6